BLUFIN TUNA

Ikan ini menghabiskan sebagian besar waktu hidupnya untuk bermigrasi antara dalamnya lautan Pasifik dan wilayah perairan air hangat laut mediteranian dimana ia meletakkan telurnya: itulah red tuna Mediteranian (Thunnus thynnus). Penghuni lautan ini merupakan famili dari Scombridae, sama seperti longfin tuna (Thunnus alalunga) dan yellowfin tuna (Thunnus albacares). Nama red tuna berasal dari karakteristik warna daging, sementara sirip belakangnya nampak berwarna biru, oleh karenanya disebut bluefin tuna.


Bluefin tuna adalah salah satu bonefish terbesar yang ada; kenyataan, ukurannya bisa mencapai panjang tiga meter, dan beratnya mencapai hampir 700 kg. Bentuknya yang kerucut dan ramping, dengan struktur otot yang kuat, layak jika ikan ini memiliki kemampuan luar biasa dalam bermigrasi antar samudera , bahkan hingga beberapa mil.

Tuna ini mampu menjaga temperatur tubuhnya lebih tinggi daripada air. Dilaporkan memiliki fenomena endotermis sama seperti mamalia dan dengan alasan tersebut tuna ini digambarkan mirip mamalia. Meskipun demikian temperatur tubuh ikan ini tidak konstan, sama seperti pada mamalia, yaitu bervariasi antara 4 derajat C sampai maksimum 20 derajat C.

Bluefin tuna merupakan binatang yang suka hidup dengan kawanan kecil bersama-sama dengan binatang lain yang seukuran (pada fase tak enentu); Ketika mulai periode reproduksi, April-Mei, kawanan menjadi lebih banyak, dengan kompak mereka mengambil keuntungan dari arus yang mengalir untuk bermigrasi menuju baik ke teluku Meksiko maupun laut Mediterania.

Fase reproduksi dimulai ketika mereka sudahh sampai di wilayah itu selama musim panas bulan Juli dan Agustus. Kawanan mulai berputar-putar membentuk pusaran air yang pada gilirannya mereka meletakkan gametes; produk seksual di letakkan di tengah-tengah pusaran, didorong oleh gaya centripetal yang dihasilkan dari gerakan tuna dimana saat itu pertemuan dan peleburan berlangsung. Sekali fase reproduksi diakhiri, tuna kehilangan semangat berkawan, lelah dan lamban, berhenti sejenak di sepanjang pantai untuk mencari makan, setelah itu menuju lautan Atlantik.

Betina meletakkan puluhan juta telur; berbentuk bulat berukuran sekitar 1 mm dan dilengkapi dengan tetesan berminyak agar telur tetap mengapung. telur menetas setelah sekitar 2 hari dan larva voracious berukuran 3 mm muncul, larva-larva ini bahkan akan mencapai panjang 45 cm dalam waktu beberapa bulan. Tuna-tuna muda ini hidup di wilayah dimana mereka ditetaskan selama tahun-tahun pertama. sekali mereka mencapai kematangan seksual, mereka bergegas menuju laut Mediterania sebagaimana layaknya tuna dewasa pada periode reproduksi. Pada usia 6-7 tahun, setelah periode reproduksi mereka menuju dan akan kembali ke lautan Mediterania beberapa tahun kemudian, saat mereka berumur sekitar 10 tahun.

TUNA

Bluefin tuna

Tuna adalah ikan laut yang terdiri dari beberapa spesies dari famili Scombridae, terutama genus Thunnus. Ikan ini adalah perenang handal (pernah diukur mencapai 77 km/jam). Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih, daging ikan ini berwarna merah muda sampai merah tua. Hal ini karena otot tuna lebih banyak

mengandung myoglobin dari pada ikan lainnya. Beberapa spesies tuna yang lebih besar, seperti tuna sirip biru (bluefin tuna), dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam. Tuna adalah ikan yang memiliki nilai komersial tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar