MARPOL 73/78

MARPOL 73/78 adalah Konvensi Internasional untuk Pencegahan Pencemaran Dari Kapal, 1973 yang dimodifikasi oleh Protokol 1978 ("MARPOL" adalah singkatan dari polusi laut dan 73/78 pendek untuk tahun 1973 dan 1978.)

MARPOL 73/78 adalah salah satu yang penting internasional yang paling kelautan konvensi lingkungan .Ini dirancang untuk meminimalkan pencemaran laut , termasuk dumping , minyak dan polusi knalpot.objek lain adalah: untuk melestarikan lingkungan laut melalui penghapusan lengkap pencemaran oleh minyak dan zat berbahaya lainnya dan meminimalkan pembuangan zat-zat tersebut tanpa disengaja.

MARPOL asli Konvensi ini ditandatangani pada 17 Februari 1973, tetapi tidak datang berlaku. Konvensi saat ini adalah kombinasi dari Konvensi 1973 dan 1978 protokol.Hal ini mulai berlaku pada tanggal 2 Oktober 1983. Pada tanggal 31 Desember 2005, 136 negara, mewakili 98% dari tonase perkapalan dunia, adalah pihak untuk Konvensi.

Semua kapal berbendera bawah negara-negara yang penandatangan MARPOL tunduk pada persyaratan, tanpa memperhatikan tempat mereka berlayar, dan negara anggota bertanggung jawab atas kapal yang terdaftar di bawah kebangsaan masing-masing.


Lampiran


MARPOL berisi 6 lampiran, peduli dengan bentuk yang berbeda mencegah pencemaran laut dari kapal:

  • Annex I - Minyak

  • Annex II - Zat Cair berbahaya dilakukan di Massal

  • Annex III - Zat Berbahaya dibawa dalam kemasan Formulir

  • Annex IV - Layanan air limbah

  • Annex V - Sampah

  • Annex VI - Polusi Udara


Suatu Negara yang menjadi pihak untuk MARPOL harus menerima Lampiran I dan II. Lampiran III-VI adalah lampiran sukarela.

Lampiran I mulai berlaku pada tanggal 2 Oktober 1983. Annex II entered into force 6 April 1987. Lampiran II mulai berlaku 6 April 1987. Pada Oktober 2009, 150 negara yang mewakili hampir 99,14% dari tonase dunia telah menjadi pihak Lampiran I dan II.

Lampiran III mulai berlaku pada tanggal 1 Juli 1992 dan (per Oktober 2009) 133 negara yang mewakili lebih dari 95,76% dari tonase dunia telah menjadi pihak untuk itu.

Lampiran IV mulai berlaku pada tanggal 27 September 2003 dan (per Oktober 2009) 124 negara yang mewakili lebih dari 81,62% dari tonase dunia telah menjadi pihak untuk itu.

Annex V entered into force on 31 December 1988 and (as of October 2009) 139 countries representing over 97.18% of the world's tonnage had become party to it. Lampiran V mulai berlaku pada tanggal 31 Desember 1988 dan 139 negara (per Oktober 2009) yang mewakili lebih dari 97,18% dari tonase dunia telah menjadi pihak untuk itu.

Lampiran VI mulai berlaku pada tanggal 19 Mei 2005 dan (per Oktober 2009) 56 negara yang mewakili lebih dari 46% dari tonase dunia telah menjadi pihak untuk itu.


Amandemen


MARPOL Lampiran VI amandemen sesuai dengan MEPC 176 (58) akan datang untuk memaksa 1 Juli 2010.

Perubahan Peraturan 12 keprihatinan kontrol dan pencatatan Bahan Perusak Lapisan Ozon.

Diubah Peraturan 14 kekhawatiran wajib mengganti bahan bakar minyak lebih dari prosedur untuk kapal memasuki atau meninggalkan daerah Seca dan UNTUK batas belerang.


Pelaksanaan dan penegakan


Agar IMO standar yang harus mengikat, mereka pertama kali harus diratifikasi oleh sejumlah total negara anggota yang gabungan tonase kotor diwakili sedikitnya 50% dari tonase bruto dunia, sebuah proses yang bisa panjang. Sebuah sistem penerimaan Oleh karena itu diam-diam telah dimasukkan ke dalam tempat, dimana jika tidak ada keberatan didengar dari negara anggota setelah jangka waktu tertentu telah lewat, diasumsikan mereka telah setuju terhadap perjanjian.

Semua enam Lampiran telah diratifikasi dengan jumlah yang diperlukan dari bangsa yang paling terakhir adalah Lampiran VI, yang diberlakukan pada bulan Mei 2005. Negara di mana kapal terdaftar ( bendera negara ) bertanggung jawab untuk sertifikasi kapal sesuai dengan MARPOL's pencegahan polusi standar. Setiap negara penandatangan bertanggung jawab untuk memberlakukan undang-undang domestik untuk melaksanakan konvensi dan efektif janji untuk mematuhi konvensi, lampiran, dan hukum terkait bangsa-bangsa lain. Di Amerika Serikat, misalnya, pelaksanaan undang-undang yang terkait adalah Undang-Undang untuk Mencegah Polusi dari Kapal-kapal .

Salah satu kesulitan dalam melaksanakan MARPOL muncul dari sifat yang sangat internasional pelayaran. Negara bahwa kunjungan kapal dapat melakukan pemeriksaan sendiri untuk memverifikasi kapal sesuai dengan standar internasional dan dapat menahan kapal jika menemukan signifikan ketidaktaatan . Ketika insiden terjadi di luar yurisdiksi negara tersebut atau yurisdiksi tidak dapat ditentukan, negara ini merujuk kasus ke negara bendera, sesuai dengan MARPOL. Sebuah 2000 GAO laporan mencatat bahwa bahkan ketika rujukan telah dibuat, tingkat respons dari negara-negara bendera telah miskin.



0 komentar:

Posting Komentar